Search and Rescue (SAR)

Posted by

SAR ialah sebuah singkatan dari Search And Rescue yang yang mempunyai arti suatu usaha untuk melakukan pencarian, pertolongan, dan penyelamatan terhadap keadaan darurat yang dialami oleh manusia maupun harta benda yang berharga.

Hakekat dari SAR itu sendiri, kegiatan kemanusiaan yang dilakukan secara suka rela dan tanpa pamrih dan sebuah kewajiban moril bagi setiap individu yang terlatih untuk melakukan pertolongan terhadap korban yang terkena  musibah secara cepat, tepat, dan efisien dengan memanfaatkan sumber daya atau potensi yang ada, baik dari segi sarana dan prasarana maupun manusia.

Dalam sebuah misi operasi terbentuk sebuah organisasi SAR dalam jangka waktu tertentu demi kelancaran koordinasi dan pengendalian unsur-unsur SAR yan ada hingga kegiatan menjadi efektif dengan hasil yang optimal. Organisai akan bubar dengan sendirinya apabila sebuah operasi SAR dinyatakan selesai. Dibawah ini, beberapa tugas dan tanggung jawab serta hubungan dari setiap unsur SAR.

  1. SC (SAR Coordinator)

Pejabat yang mampu memberikan dukungan kepada KKR dalam menggerakan unsur operasi SAR karena jabatan dan kewenangan yang dimiliki. Kemudian unsur-unsur ini diserahkan kepada SMC untuk digunakan dalam sebuah operasi SAR

  1. SMC (SAR Mission Coordinator)

Pejabat yang ditunjuk oleh Basarnas karena memiliki kualifikasi yang ditentukan atau telah mengikuti pendidikan sebagai seorang SMC yang telah diakui.

Tugas dan tanggung jawab SMC, antara lain

  1. Mendapatkan informasi tentang terjadinya musibah
  2. Mendapatkan informasi tentang cuaca
  3. Menentukan dan membagi area pencarian dan cara serta fasilitas yang dibutuhkan
  4. Mengadakan debriefing terhadap unsur-unsur SAR yang dilibatkan
  5. Mengevaluasi setiap perkembangan (berdasarkan data yang diterima)
  6. Melaporkan kegiatan secara teratur kepada Basarnas
  7. Mengatur dropping perbekalan
  8. Mengadakan koordinasi dengan KKR tetannga bila areal pencarian tidak terbatas pada satu wilayah SAR
  9. Menyarankan penghentian pencarian bila dipandang perlu
  10. Membebaskan unsur SAR atau menghentikan kegiatan bila bantuan tidak diperlukan
  11. Membuat laporan akhir perihal hasil operasi SAR yang telah dilaksanakan
  12. OSC (On Scene Comander)

Pejabat yang ditunjuk oleh SMC untuk melaksanakna sebagian tugas SMC dilapangan. Persyarat pejabat OSC sama dengan persyaratan SMC. OSC melaksanakan tugas sebatas yang diberikan kepadanya. Hal ini biasa dilakukan apabila lokasi pencarian sulit untuk dikendalikan secara langsung oleh SMC atau SMC merasa perlu adanya OSC untuk membantu kelancaran tugas-tugasnya.

  1. SRU (Search and Rescue Unit)

Unsur SAR yang dioperasikan dalam kegiatan SAR dan mengikuti pentahapan penyelenggaraan operasi. SRU dapat berasla dair berbagai organisasi/instansi yang ingin berpartisipasi dalam kegiatan operasi SAR

SC >> SMC >> SRU atau SC >> SMC >> OSC >> SRU

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *