MAPALASKA (Mahasiswa Pencinta Alam UIN Sunan Kalijaga) adalah salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa dalam bidang kepencintaalaman dan pengembangan masyarakat serta kajian dan pembelaan lingkungan. MAPALASKA ini didirikan tanggal 27 Februari 1981 dengan nama MAPALA SUKA (Mahasiswa Pecinta Alam Sunan Kalijaga) di Puncak Gunung Lawu. Dalam perkembangan selanjutnya nama MAPALA SUKA kemudian diganti dengan MAPALASKA (Mahasiswa Pencinta Alam IAIN Sunan Kalijaga) dengan alasan lebih akrab didengar dan ditetapkan pada musyawarah Anggota (Musyta) IV MAPALASKA didirikan sebagai organisasi yang terlepas dari unsur politik, berkegiatan di tengah masyarakat sambil berpetualang dan peduli lingkungan sebagai pedoman berkegiatan secara khusus. Organisasi ini berkegiatan dalam bidang :

1.  pendidikan, sosialisasi dan kajian lingkungan,
2. penyeimbangan sumber daya masyarakat melalui pendampingan,
3. olah raga alam bebas,

Selama lebih dari 36 tahun usianya, MAPALASKA telah turut berpartisipasi dalam berbagai event dan momentum kegiatan, baik itu sebagai penyelenggara maupun peserta; baik dalam tingkat lokal, regional, nasional maupun internasional; dalam berbagai bidang adventure, pelestarian lingkungan hidup, sosial, budaya dan kemasyarakatan.

Dalam menyukseskan program dan visi-misinya, MAPALASKA juga menjalin kerja sama dengan berbagai lembaga dan instansi dalam berbagai kegiatan. Diantara lembaga dan instansi tersebut antara lain adalah Departemen Agama, Kementrian Lingkungan Hidup, Kebun Raya dan Kebun Binatang Gembira Loka Jogjakarta, SEKBER Perhimpunan Pecinta Alam DIY, Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI), Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Pengda DIY, Dinas Perkebunan dan Konservasi Tanah (PKT) Sleman, dan lain sebagainya.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *